My Home

Selasa, Maret 08, 2011

KOLOID ada di sekitar kita~~~ let's learn about it! Part 1








Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita temui beberapa produk yang merupakan campuran dari beberapa zat, tetapi zat tersebut dapat bercampur secara merata/homogen. Misalnya saja cincau, sabun, sol belerang, dan nata de coco. Produk-produk seperti itu termasuk ke dalam campuran yang disebut koloid.
Apa yang dimaksud dengan koloid, bagaimana sifat-sifatnya, dan bagaimana pembuatannya?
Koloid banyak terdapat disekitar kita, contohnya yaitu lem, jelly, dan santan. Nama koloid diberikan oleh Thomas Graham pada tahun 1861. Istilah itu berasal dari bahasa Yunani, yaitu “kolla” dan “oid”. Kolla berarti lem, sedangkan oid berarti seperti. Dalam hal ini yang dikaitkan dengan lem adalah sifat difusinya, sebab koloid mempunyai nilai difusi yang rendah seperti lem. Koloid adalah suatu campuran zat homogen berisi partikel-partikel pada rentang ukuran dari 1nm sampai 1000nm tapi berbeda sifat dan tidak benar-benar larut dan berinteraksi. Partikel-partikel di dalam koloid tersebar diseluruh medium pendispersi. Brady, et al. (200:558); Wilbraham, et al. (2005).
Koloid perlu dipelajari karena berkaitan erat dengan hidup dan kehidupan kita sehari-hari. Cairan tubuh seperti darah, adalah koloid. Bahan makanan seperti susu, keju, nasi, roti adalah koloid. Cat, berbagai jenis obat, bahan kosmetik, dan tanah pertanian juga merupakan koloid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar